Pemasaran (marketing) adalah proses penyusunan komunikasi
terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa
yang berkaitan dalam memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia atau para
konsumen. Pemasaran atau marketing selalu memegang peranan penting, karena dari
hasil pemasaran inilah sebuah perusahaan dapat menjual barang atau jasanya
sehingga menghasilkan profit.
Pemasaran bisa dimulai dengan
pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia.
Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya.
Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia
tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya
yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang
bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih minuman Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam
dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.
Strategi pemasaran
Strategi pemasaran adalah
serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan
(badan usaha/bisnis) harus beroperasi untuk mencapai tujuannya dalam menjual
barang atau jasa. Oleh karena itu strategi pemasaran merupakan hal yang sangat
penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai
tujuan dari sebuah perusahaan. Dengan adanya strategi pemasaran ini maka akan
muncul pengembangan-pengembangan atau berbagai inovasi dalam pemasaran,
sehingga sebuah perusahaan atau bisnis dapat unggul dalam menghadapi persaingan.
Strategi pemasaran jasa
Jasa adalah setiap tindakan atau aktivitas yang mempunyai
nilai atau manfaat dan yang secara prinsip tidak berwujud (intangibel) yang
ditawarkan oleh satu pihak ke pihak yang lain, serta tidak menghasilkan perpindahan
kepemilikan apapun. Proses produksinya bisa terkait dan bisa juga tidak terkait
pada suatu produk fisik.
Ahli pemasaran boon dan bitner memperhatikan 3 unsur tambahan
untuk strategi pemasaran jasa:
1. Orang (People)
Jika jasa yang anda tawarkan dilayani atau disediakan oleh
orang-orang, maka pemilihan, pelatihan, dan motivasi karyawan anda memiliki
pengaruh yang besar pada kepuasan pelanggan. Seorang karyawan harus kompeten,
peduli, responsif, dan memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah.
2. Bukti fisik (Physical Evidence)
Sebagai
perusahaan jasa, anda harus menunjukkan kualitas layanan anda melalui bukti
fisik dan presentasi. Bukti fisik bisa berupa: kecepatan, kebersihan, dan lain
sebagainya.
3. Proses (Process)
Anda
perlu memilih proses pelayanan yang berbeda untuk memberikan layanan jasa anda.
Hal ini perlu dilakukan sebagai alternatif untuk bersaing dengan menghindari
kompetisi harga.
Bedakan layanan jasa anda
Untuk membedakan layanan anda dengan para pesaing, maka anda
perlu mengembangkan tawaran, pengiriman, image, dan kualitas jasa yang berbeda
dengan para pesaing anda.
- Tawaran: sebuah tawaran dapat mencakup fitur inovatif, apa yang pelanggan harapkan pada jasa anda disebut paket layanan utama, dan untuk ini anda bisa menambahkan fitur layanan sekunder. Contoh: sebuah bengkel otomotif mungkin bisa menawarkan akses internet gratis dan sofa yang nyaman untuk para pelanggannya sebagai layanan sekundernya.
- Pengiriman: sebuah perusahaan jasa harus mempekerjakan karyawan yang baik dan terlatih dalam memberikan pelayanan, membuat lingkungan menjadi lebih menarik, dan mempercepat proses pengiriman.
- Citra (Image): perusahaan jasa harus memiliki citra atau image yang baik dimata pelanggan. Perusahaaan perlu membuat sebuah branding yang bisa membantu pelanggan untuk bisa mengasosiasikan kualitas layanan perusahaan.
- Kualitas layanan/ jasa: anda dapat memenangkan persaingan dengan memberikan secara konsisten layanan jasa yang berkualitas tinggi dan melebihi harapan para pelanggan. Jika anda bisa memberikan kualitas yang tinggi dan memuaskan para pelanggan anda, maka bukan tidak mungkin hal ini bisa menjadi sebuah promosi dari mulut ke mulut yang dilakukan oleh para pelanggan anda.
No comments:
Post a Comment