Thursday, May 22, 2014

Penyebab kegagalan dalam berbisnis / berwirausaha

      Berbisnis merupakan pilihan terbaik untuk mendapatkan uang. Tiap hari makin banyak orang yang mulai menggeluti bisnis, akan tetapi mereka mudah gagal dan mudah menyerah. Sehingga, mereka tidak pernah bertemu dengan yang namanya kesuksesan dalam berbisnis. Berbisnis memang tidak mudah, diperlukan kedisiplinan dan komitmen yang besar agar bisnis tersebut bisa berjalan lancar. Berikut ini beberapa penyebab mengapa seseorang tidak pernah sukses dalam berbisnis:
  • Berpikir akan mendapatkan hasil besar dalam waktu singkat
Kebanyakan orang akan berpikir dengan berbisnis maka segala permasalahan keuangannya akan selesai dalam waktu singkat. Sebagian lagi juga berpikir bahwa dengan berbisnis maka bisa mendapatkan hasil yang besar dalam waktu singkat. Pikiran seperti inilah yang harus di buang jauh-jauh jika anda ingin sukses dalam berbisnis. Jika pikiran ini ada di otak anda maka hal ini akan sangat mempengaruhi kinerja dan tindakan anda dalam berbisnis. Sehingga, segala cara anda halalkan untuk mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu singkat. Anda akan menjadi lebih fokus untuk mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu singkat, dari pada berpikir tentang pengembangan dan inovasi yang seharusnya dilakukan agar bisnis menjadi semakin maju.

  • Bekerja sendirian
Seorang pebisnis yang sukses selalu punya tim sebagai pengembang usahanya, dan mereka tidak pernah sendirian. Sedangkan kebanyakan para pebisnis yang gagal adalah mereka yang selalu bekerja sendirian. Jikapun mempunyai karyawan, biasanya hanya karyawan yang di persiapkan untuk membantu pekerjaannya saja, bukan sebagai pengembang usahanya. Seharusnya seorang pebisnis tidak bekerja sendirian. Seorang pebisnis harusnya mempunyai tim yang sangat kuat untuk menyelesaikan permasalahan dalam bisnis yang sangat kompleks. Pebisnis harus segera membuat dan membentuk organisasi, dan dia adalah pemimpin organisasi itu. Namun ironis, banyak sekali pengusaha yang bisnisnya mulai berkembang, akan tetapi mereka tetap saja bekerja sendirian. Mereka menerapkan sistem manajemen sentralisasi, dimana semua simpul manajemen mengarah hanya pada dirinya sendiri. Seorang pebisnis yang sejati harus menerapkan manajemen desentralisasi.
Bisnis yang menerapkan manajemen sistem sentralisasi mungkin hanya bisa sukses dalam skala kecil, dan tidak akan pernah bisa berkembang menjadi besar. Selain itu penerapan manajemen sentralisasi ini akan berakibat fatal. Begitu si pengusaha sakit atau salah dalam mengambil keputusan maka bisnisnya pun juga ikut sakit dan salah. Oleh karena itu delegasikan bisnis anda, carilah orang yang profesional dan beri dia kepercayaan untuk mengembangkan bisnis anda.

  • Tidak punya mental sebagai pengusaha
Seorang pengusaha sejati memiliki mental baja, mereka sangat ulet dan gigih dalam bekerja,  tidak mudah menyerah, ketika gagal mereka akan selalu bangkit lagi. Seorang pengusaha atau pebisnis sejati memiliki mental pemberani, mereka berani mengambil resiko, berani memutuskan, tidak takut dengan hal-hal baru, dan tidak pernah minder dalam bekerja. Selain itu orang yang bermental pengusaha biasanya menyukai hal-hal baru, dan sangat suka dengan tantangan. Kebanyakan penyebab kegagalan dalam berbisnis adalah pengusahanya yang bermental karyawan.  Dimana orang yang bermental karyawan selalu menjalankan rutinitas seperti biasa dan tidak ada pengembangan, takut dengan hal – hal baru, lebih suka menunggu pekerjaan datang, dan males belajar.

Artikel Terkait

Posted by: Bonk
Ayo Tingkatkan Penghasilan, Updated at: 6:45 PM

No comments:

Post a Comment