Saturday, July 19, 2014

10 tips untuk sukses memulai bisnis baru

Tips # 1: Lakukan apa yang anda cintai
Dalam berbisnis anda akan mencurahkan banyak waktu dan energi untuk memulai sebuah bisnis dan membangunnya menjadi perusahaan yang besar dan sukses. Sehingga sangat penting bagi anda untuk mencintai apa yang sedang anda lakukan. Entah apa bidang bisnis yang akan anda bangun, bila anda mencintai hal tersebut, maka bisa dipastikan anda akan sangat menikmati proses membangun bisnis tersebut.

Tips # 2: Mulai bisnis anda ketika anda masih bekerja
Kebanyakan orang tidak bisa hidup tanpa uang. Oleh karena itu saya sarankan anda memulai bisnis anda ketika anda masih bekerja pada orang lain, hal ini dikarenakan membangun sebuah bisnis itu tidak mudah dan membutuhkan proses atau waktu untuk sebuah bisnis tersebut bisa menghasilkan dan menguntungkan. Jadi tetaplah menjadi pegawai saat memulai bisnis, sehingga saat bisnis baru anda mengalami kerugian, anda masih mempunyai uang (pendapatan) untuk keperluan hidup anda.
 

Tips # 3: Jangan melakukannya sendiri
Anda memerlukan seorang partner untuk memulai bisnis baru anda. Sebagai tahap awal mungkin anda bisa mengajak anggota keluarga anda, teman, atau mungkin kekasih anda untuk menjadi partner bisnis anda. Selain itu akan lebih baik lagi, jika anda mencari mentor yang bisa membimbing anda dalam menjalankan bisnis baru anda nantinya.
 

Tips # 4: Tulis rencana bisnis anda
Alasan utama mengapa anda harus merencanakan bisnis baru anda adalah ketika anda berpikir untuk membangun sebuah bisnis, perencanaan itu akan membantu anda untuk menjalankan bisnis baru anda tersebut secara efektif, baik dalam segi waktu dan biaya.
 

Tips # 5: Dapatkan klien atau pelanggan pertama
Untuk mendapatkan klien atau pelanggan jangan menunggu sampai anda resmi memulai bisnis anda. Anda bisa mendapatkan klien pertama anda sebelum bisnis anda resmi dibuka. Untuk mendapatkannya anda bisa menawarkan jasa atau produk yang lebih murah atau bahkan gratis pada pelanggan pertama anda. Jadi ketika bisnis anda resmi dibuka, anda sudah mendapatkan banyak jaringan klien.
 

Tips # 6: Lakukan penelitian
Ketika anda memulai sebuah bisnis, maka anda perlu melakukan banyak penelitian untuk membuat perencanaan yang baik bagi bisnis anda kedepannya. Anda memerlukan penelitian tentang respon pasar terhadap produk atau jasa anda. Mungkin akan menjadi ide bagus bila anda melakukan penelitian dengan membanding-bandingkan produk atau jasa anda dengan produk atau jasa saingan anda.
 

Tips # 7: Dapatkan partner atau karyawan yang profesional
Dalam membangun sebuah bisnis anda tidak perlu ahli dalam segala hal. Contohnya saja jika anda tidak ahli dalam hal pembukuan, anda bisa mencari seseorang yang ahli dalam akuntan atau pembukuan untuk menjadi partner atau karyawan anda. Jadi anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan uang untuk belajar suatu hal yang anda tidak bisa, untuk mengatasinya anda hanya perlu mencari seseorang yang bisa menutupi kelemahan anda tersebut.
 

Tips # 8: Dapatkan modal bisnis anda
Untuk mendapatkan modal bisnis, anda bisa menabung dari pendapatan anda sebagai karyawan. Atau anda juga bisa mendapatkannya dengan melakukan pendekatan kepada orang-orang yang anda kenal untuk menjadi investor atau pemberi pinjaman. Dalam memulai bisnis baru jangan harap anda bisa mendapatkan pinjaman modal dari bank, karena pemberi pinjaman seperti bank, tidak akan memberikan pinjaman uangnya kepada bisnis yang masih baru dan masih belum jelas track recordnya.
 

Tips # 9: Jadilah pebisnis yang profesional
Dalam menjalankan bisnis anda harus menjadi orang yang profesional. Di mata pelanggan atau calon pelanggan, anda harus menunjukkan sikap yang profesional. Ingatlah bahwa reputasi atau keprofesionalan sebuah bisnis atau usaha itu sangat penting atau segalanya. Untuk menjadi profesional anda memerlukan kartu nama, nomor telpon bisnis, alamat email bisnis, dan memperlakukan seorang pelanggan atau calon pelanggan secara profesional, baik dan sopan.
 

Tips # 10: Pelajari hukum berbisnis
Dalam menjalankan bisnis anda perlu mengetahui tata hukum berbisnis. Seperti; apakah bisnis anda harus terdaftar? Apakah anda harus memiliki kompensasi asuransi? Bagaimana hukum bisnis yang anda pilih? Selain itu anda harus mengetahui hukum pajak, karena anda akan berurusan dengan pajak. Pelajari apa tanggung jawab hukum dan pajak sebelum anda memulai bisnis.
 

Mungkin dengan beberapa tips di atas anda bisa merencanakan bagaimana cara memulai atau membangun sebuah bisnis baru. Semoga tips-tipsnya bermanfaat.
Baca juga 8 tips sukses menjadi investor properti.

Artikel Terkait

Posted by: Bonk
Ayo Tingkatkan Penghasilan, Updated at: 1:11 AM

No comments:

Post a Comment