Saturday, January 25, 2014

Tips Memilih Tabungan Bank Untuk Berinvestasi

Tabungan di bank merupakan salah satu produk investasi yang paling di kenal. Ini wajar, karena sejak kecil, masyarakat kita terbiasa diajarkan untuk menabung uangnya di bank.

Menabung di bank memiliki resiko yang rendah. Uang yang anda tabungkan, misalnya, hampir pasti tidak akan berkurang nilainya, dan anda malah mendapatkan bunga. Saya katakan “hampir” karena kadang – kadang bank masih memotong uang anda untuk biaya administrasi. Dan sejak sebelum 1998, uang yang anda tabungkan di bank, tidak dijamin keselamatannya oleh pemerintah bila bank tersebut mengalami likuidasi.
http://penghasilan-anda.blogspot.com/2014/01/Memilih-Tabungan-Untuk-Berinvestasi.html

Karena sifat tabungan yang boleh diambil kapan saja, maka banyak orang yang tidal lagi membuka tabungan di bank untuk tujuan investasi, tetapi untuk keperluan belanja sehari-hari. Ini akhirnya banyak bank yang lalu memberikan fasilitas pengambilan uang tunai otomatis berupa ATM (Automatic Teller Machine), dan fasilitas belanja berupa pemotongan rekening secara langsung (debet).

Walaupun demikian, banyak juga bank yang menyediakan produk tabungannya betul-betul untuk investasi. Ciri – ciri produk tabungan seperti ini adalah tidak memberikan fasilitas ATM, dan anda hanya mendapatkan sebuah buku tabungan (saving passbook). Selain itu, suku bunga yang diberikan biasanya lebih tinggi daripada produk tabungan lain yang memberikan fasilitas ATM.
Jadi bila anda memutuskan untuk menggunakan tabungan sebagai produk investasi, dibawah ini adalah tip yang bisa anda ikuti:

 1. Pilih tabungan yang tidak memberikan fasilitas ATM. Fasilitas ATM biasanya meminta biaya administrasi yang lebih besar, dan suku bunga yang anda dapatkan biasanya lebih kecil. Ingatlah bahwa tujuan anda menggunakan tabungan adalah untuk investasi, bukannya untuk rekening keperluan sehari-hari.

       2. Tetapi, jangan selalu memilih tabungan di bank hanya karena mereka memberikan suku bunga yang tinggi, akan tetapi lihat juga apakah anda yakin dengan bank tersebut. Dengan kata lain apakah uang anda akan aman bila di simpan di bank tersebut.

       3. Jangan selalu melakukan investasi di tabungan hanya karena banyaknya hadiah yang ditawarkan.

Bila anda menabung di bank untuk tujuan persiapan pendidikan anak, sekarang banyak juga bank yang menyediakan produk tabungan pendidikan. Produk tabungan ini sebenarnya sama dengan produk tabungan pada umumnya. Yang membedakan adalah suku bungan yang anda dapatkan  biasanya lebih tinggi, dan (biasanya) suku bunga yang anda dapatkan bebas dari PPh (Pajak Penghasilan), sedangkan bunga dari produk tabungan biasa akan selalu terkena pajak.

Semoga beberapa tips memilih tabungan bank ini bisa bermanfaat. Baca juga artikel selanjutnya “Macam – macam produk investasi” dan “Tips memilih deposito bank sebagai produk investasi”.

Artikel Terkait

Posted by: Bonk
Ayo Tingkatkan Penghasilan, Updated at: 5:55 AM

No comments:

Post a Comment