Friday, January 10, 2014

5 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Mempersiapkan Bisnis

Sebenarnya banyak sekali orang di dunia ini yang ingin berbisnis, baik yang sedang menjadi karyawan, mahasiswa, ataupun ibu rumah tangga. tapi mereka bingung harus memulai darimana. Mereka semua punya impian dan cita-cita, dan salah satunya adalah sukses dalam berbisnis. Tapi entah karena alasan apa, mereka tidak pernah mencobanya, hanya segelintir orang yang berani memulai dan mempersiapkan bisnisnya. Yach semua orang memang hanya bisa memutuskan akan tetapi hanya segelintir orang yang bisa melakukan. Dan bagi segelintir orang itu, yang sudah berani memutuskan untuk berbisnis dan masih bingung dalam mempersiapkan bisnisnya, berikut ini ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memulai dan mempersiapkan bisnis:

1. Lakukanlah survey pasar
untuk mencari tahu potensi – potensi apa saja yang sekiranya bisa anda angkat sebagai bisnis anda. Dalam hal ini anda bisa mensurvey produk – produk apa saja yang banyak diminati dan dicari, baik masa sekarang ataupun yang akan datang.

2. Perhatikan ketahanan produk
Hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Bagi anda yang tidak punya waktu begitu banyak atau terbatas, sebaiknya anda prioritaskan untuk memilih produk yang tahan lama. Misalnya saja seperti aksesoris atau souvenir, kaos, ataupun bila makanan, anda bisa pilih makanan yang masa kadaluarsanya lama.

3. Tentukan target pasar produk anda

Hal ini juga penting. Anda tidak boleh mengatakan produk saya ini untuk semua kalangan. Walaupun produk anda memang mempunyai pasar yang luas tetapi anda juga harus menentukan target pasar anda. Misalnya saja anda memutuskan kalangan pelajar atau mahasiswa sebagai target pasar anda, maka selain kualitas produk, anda juga harus perhatikan harga jualnya yang tentu harus bersahabat dengan kantong mereka.

4. Pikirkan juga untuk membuat katalog produk
Dengan menggunakan katalog, promosi anda mungkin akan sedikit lebih mudah. Selain itu konsumen anda juga akan lebih paham tentang produk anda. Dan bukan tidak mungkin dengan katalog tersebut, anda bisa menerima orderan pembelian dalam jumlah besar (kulakan).

5. Promosi produk
Dalam mempersiapkan bisnis, anda juga perlu memikirkan cara berpromosi produk anda. untuk promosi produk, anda bisa mengikuti acara - acara pameran produk bisnis di daerah anda, dari sosial media (internet), ataupun iklan di koran atau majalah.

Semoga artikel mempersiapkan bisnis ini bisa bermanfaat. Dan salam sukses untuk bisnis anda. Baca juga artikel selanjutnya "Apakah suami istri perlu bekerja? ". terima kasih.



Artikel Terkait

Posted by: Bonk
Ayo Tingkatkan Penghasilan, Updated at: 5:23 PM

No comments:

Post a Comment