Tuesday, January 14, 2014

Meminimalisir Biaya Kegagalan Saat Merintis Bisnis

Sebagian orang selalu kebingungan saat mereka ingin berbisnis atau membuka usaha. Banyak sekali alasan – alasan yang bermunculan dari otak mereka, mulai dari masalah klasik seperti belum ada modal, ataupun tidak ada waktu, dan lain sebagainya. Kebanyakan orang akan mengatakan “saya akan bekerja jadi karyawan dulu, nanti gajinya akan saya kumpulkan untuk modal usaha”. Tapi pada  kenyataannya mereka tidak akan pernah berbisnis, kenapa begitu? Karena keberanian dan keputusan seseorang akan hilang dan terkikis bila tidak langsung diwujudkan dalam tindakan yang nyata.

Sebagian orang selalu bilang berbisnis itu susah dan sangat beresiko. Yach memang susah pada awalnya dan sangat beresiko bagi yang gak ngerti. Oleh karena itu kita harus ngerti dan cerdas dalam membangun bisnis, mengelolanya, dan mengembangkannya. Bagaimana agar kita bisa mengerti itu semua? Mungkin cuma satu jawabannya, yaitu kita harus berpengalaman. Pengalaman gagal dan bangkit lagi, gagal lagi dan bangkit lagi, itulah yang akan membuat kita semakin ngerti dan semakin cerdas dalam membangun bisnis. Mungkin karena itulah banyak orang yang bilang kalau pengalaman itu mahal harganya. Kegagalan memang akan membuat kita menjadi lebih baik, akan tetapi banyaknya kegagalan dalam berbisnis, berarti juga butuh biaya yang besar. Dan mungkin karena resiko inilah sebagian orang lebih memilih untuk tidak membangun bisnis yang telah mereka impi - impikan sebelumnya.

Sebenarnya kita bisa meminimalisir biaya kegagalan atas bisnis yang sedang kita bangun dengan cara merintis bisnis atau usaha tersebut dari bawah. Jadi kita tidak harus membangun bisnis dengan skala yang besar, tapi kita bisa memulainya dari yang kecil, seperti mulai merintis bisnis dari rumah dengan memanfaatkan waktu luang kita ataupun dengan waktu istri atau keluarga kita. Sehingga kita tetap belajar untuk membangun bisnis tanpa perlu meninggalkan pekerjaan utama kita. Dan ketika kita sudah mahir dalam berbisnis, kemudian bisnis yang kita jalankan memiliki prospek yang bagus, kita bisa mengembangkan bisnis kita menjadi skala yang lebih besar. Dan saat itu kita boleh saja meninggalkan pekerjaan kita sebagai karyawan kalau memang bisnis kita lebih menjanjikan daripada pekerjaan tersebut. Jadi meskipun kita mulai merintis atau menjalankan bisnis dalam skala kecil, kita harus tetap berpikir kalau itulah masa depan kita yang sebenarnya, dengan begitu kita akan bekerja keras dan sungguh – sungguh dalam menjalankan bisnis tersebut dan bukannya tidak mungkin bisnis yang kita rintis dari bawah tersebut akan menjadi besar kedepannya.

Semoga artikelnya bermanfaat dan salam sukses untuk bisnis teman-teman. Baca juga artikel selanjutnya “Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan bisnis”. terima kasih.

Artikel Terkait

Posted by: Bonk
Ayo Tingkatkan Penghasilan, Updated at: 7:04 AM

No comments:

Post a Comment