Monday, March 31, 2014

6 Hal yang harus dimiliki untuk menjadi seorang Pengusaha / Wirausahawan sukses

Semua orang pasti tertarik untuk menjadi seorang wirausaha atau pengusaha yang sukses. Namun ketika ada keinginan tersebut biasanya dibarengi dengan munculnya masalah keraguan pada diri seseorang, seperti; modal kurang, kurang pengalaman, bagaimana bila gagal, sangat beresiko, dan masalah-masalah lainnya. Oleh karena itu hanya sedikit orang yang berani memulai, sementara sebagian besar orang lebih memilih untuk menggantungkan hidupnya dengan bekerja di sebuah perusahaan. Situasi tersebut memang tidak bisa sepenuhnya disalahkan, karena bagaimananpun juga bekerja di perusahaan lebih mempunyai penghasilan tetap dibandingkan dengan bisnis. Dan kebanyakan orang lebih memilih untuk menghindari resiko dengan bekerja dan berpenghasilan tetap dibanding menangani resiko dengan berbisnis atau berwirausaha.

Kendati demikian, geliat dunia bisnis terus tumbuh dan bisa diandalkan karena hasilnya yang sangat melimpah. Seorang pengusaha sukses penghasilannya bisa puluhan bahkan ratusan kali lipat dibandingkan pegawai. Tetapi, masalahnya adalah bagaimana cara menjadi pengusaha sukses? Maka jawabannya adalah tidak ada blue print untuk sukses itu, tidak ada jalan yang pasti untuk menjadi sukses. Namun pola umumnya ada dan sangat mudah untuk diikuti. Apa sajakah pola itu? berikut ini beberapa hal sederhana yang harus anda lakukan untuk berhasil dalam dunia bisnis atau wirausaha:
1. Serius
Anda harus serius dalam menjalani atau melakukan hal-hal untuk mencapai tujuan anda. tidak ada keisengan yang bisa mendatangkan kesuksesan, tidak ada pil ajaib yang bisa membantu anda mencapai hal-hal besar tanpa bekerja keras dan bersungguh-sunguh. Perlu anda ingat, apabila ada orang yang mengatakan “saya cuma iseng menggeluti bisnis ini”, maka anda sudah bisa menyimpulkan akhir dari bisnis tersebut tidak akan berkembang dan bertahan lama, kecuali orang tersebut sangat serius dalam menjalani keisengannya.

2. Fokus
Untuk sukses anda harus fokus, jangan mudah untuk cepat bergerak atau melompat dari satu bidang bisnis ke bidang bisnis yang lain. Jika anda tidak bisa fokus, maka perhatian anda akan terpecah oleh banyak masalah, bukannya menghasilkan keuntungan malah anda tidak akan dapat apa-apa. Oleh karena itu tetaplah fokus pada satu bidang bisnis, dan ketika anda sudah menemukan kesuksesan dalam bidang tersebut, baru anda bisa merambah ke bidang bisnis yang lainnya.

3. Kenali diri sendiri
Kenalilah bidang apa yang menjadi kelebihan dan kelemahan anda. dan setelah anda mengetahui bidang apa yang menjadi kelebihan dan kelemahan anda, pilihlah untuk mempertajam bidang yang menjadi kelebihan anda tersebut, jangan memilih untuk memperbaiki bidang kelemahan anda. Kenapa begitu? Karena kemampuan diatas rata-rata pada satu bidang akan jauh lebih baik, dibandingkan dengan orang yang bisa dalam semua bidang tapi kemampuannya dibawah rata-rata. Dengan begitu saat anda mempunyai kelebihan dalam satu bidang anda hanya perlu mencari orang atau partner yang mempunyai kelebihan untuk menutup kelemahan anda.

4. Semangat dan passion
Seorang entrepreneur/pengusaha sukses itu sangat bergairah dalam mengerjakan tugasnya. Seorang entrepreneur sukses adalah pemimpin dari berbagai macam tipe sifat manusia. Selain itu dia mampu memanajemen seorang extrovert dan introvert sekaligus, serta mampu mempengaruhi orang lain dengan tindakan yang penuh semangat dan penuh passion.

5. Menunda kesenangan
Seorang pengusaha sukses biasanya mampu menunda kesenangannya. Namun kebanyakan pengusaha pemula lupa akan hal ini, mereka tidak bisa mengatur keuangannya, kebanyakan dari mereka akan menjadi lebih konsumtif, menaikkan gaya hidup dengan membeli mobil mewah, pakaian mewah dan lain sebagainya. Dan jika hal itu terus dilakukan maka yang terjadi adalah kebangkrutan usaha. Oleh karena itu bila anda belum benar-benar sukses, maka berhematlah, makanlah seadanya, belilah seperlunya, dan tundalah kesenangan anda.

6. Tidak mudah menyerah
Seorang pengusaha pasti akan mengalami kegagalan. Bagi seorang pengusaha sukses, kegagalan adalah pembelajaran, oleh karena itu mereka tidak mudah untuk menyerah, jika gagal mereka akan bangkit lagi, dia gagal lagi, dia bangkit lagi dan hal itu dilakukannya sampai berhasil. Namun hal ini sering kali dilupakan oleh pengusaha muda / pengusaha pemula. Kebanyakan pengusaha muda akan merasa gagal karena tawaran produknya tidak kunjung diterima. Padahal ada seorang mentor yang pernah mengatakan bahwa dari 100 % penawaran, hanya 20% yang lolos untuk menjadi konsumen.

Oleh karena itu janganlah pernah menyerah, kalau anda ingin menyerah, cobalah lihat kebelakang. Berapa modal yang sudah Anda habiskan, berapa banyak pengorbanan waktu yang telah Anda luangkan, dan berapa besar harapan orang di sekeliling Anda untuk melihat Anda sukses? Percayalah bahwa anda pasti juga bisa.

Artikel Terkait

Posted by: Bonk
Ayo Tingkatkan Penghasilan, Updated at: 1:47 AM

No comments:

Post a Comment