Nama Elang Gumilang kian berkibar. Elang bukan
hanya dikenal sebagai seorang pengusaha muda yang sukses, namun juga sosok
dengan visi sosial yang sangat tinggi. Meski telah menjadi pebisnis muda dengan
omzet ratusan miliar rupiah, Elang tetap sosok yang rendah hati dan senantiasa
senang berbagi.
"Dengan berbagi, bisnis yang kita bangun
menjadi penuh barokah dan manfaat," ujar Elang yang sukses besar di bisnis
properti dengan bendera Elang Group. Pria muda nan enerjik ini telah
mengembangkan belasan perumahan, mulai dari perumahan segmen kelas menengah ke
bawah hingga ke segmen atas.
Elang membeber tujuh strategi jitu untuk menjadi
developer sukses. "Strategi-strategi ini harus diterapkan secara
konsisten," kata Elang yang sejak bangku kuliah sudah gencar berbisnis
ini.
Pertama, melakukan riset dan prediksi terhadap
situasi bisnis yang dihadapi. Langkah ini penting untuk membaca potensi pasar.
"Misalnya untuk kebutuhan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah
(MBR), itu besar sekali. Itu kesempatan untuk usaha sekaligus membantu mereka mendapatkan
akses perumahan," kata Elang.
Strategi kedua, lanjut Elang, adalah merancang
business plan. "Bisnis tanpa perencanaan tidak mungkin bisa optimal.
Bagaimana kita menentukan target, melakukan manajemen waktu yang baik,
manajemen keuangan secara ketat, dan manajemen modal dengan bijaksana akan
sangat menentukan," kata Elang.
Strategi ketiga adalah berburu lahan. Usahakan
mencari lahan yang masih belum tergarap optimal, namun dengan tetap
memperhitungkan prediksi-prediksi pengembangan wilayah di masa depan.
Strategi keempat adalah sesegera mungkin
melakukan langkah nyata. "Inti bisnis terletak pada action. Lakukan
berdasar apa yang kita lihat, bukan berdasar asumsi saja, dan lakukan sekarang
juga.
Strategi kelima adalah melakukan pemasaran
dengan langkah-langkah yang unik dan bisa menarik perhatian pasar.
Strategi keenam adalah berbagi manfaat. Elang
memang dikenal sebagai salah satu sosok pengembang sukses untuk segmen MBR.
Saat pengembang lain berburu laba optimal, Elang menjalankan misi sosial dengan
mengambil laba sewajarnya agar semua orang bisa memiliki rumah. Dia pernah
mengembangkan perumahan untuk segmen MBR hanya dengan uang muka Rp1,2 juta, dan
cicilan tak sampai Rp100.000 per bulan selama 15 tahun.
Strategi ketujuh adalah senantiasa berikhtiar
dan berdoa. "Terus berusaha, terus berikhtiar, terus berdoa. Kuasa Tuhan
adalah segalanya," pungkas Elang. (bn/kabarbisnis.com)
No comments:
Post a Comment