Tuesday, March 4, 2014

Beberapa Kelebihan atau Keuntungan Berinvestasi Emas

Jika pada artikel sebelumnya kita membahas tentang beberapa kelebihan berinvestasi di properti, sekarang kita akan membahas beberapa kelebihan berinvestasi di emas.
Emas dari dulu sampai sekarang masih menjadi primadona, tak hanya sebagai perhiasan, namun juga sebagai investasi yang menjanjikan dengan keuntungan yang berlipat. Kemudahan emas dalam mencairkan atau menguangkan (liquid asset) serta sifat emas yang tahan terhadap inflasi membuat emas menjadi produk investasi utama yang di pilih masyarakat, meskipun kini sudah banyak produk-produk investasi yang tersedia di pasaran. Lalu apa sajakah kelebihan berinvestasi dalam emas, sehingga banyak orang yang menjadikannya sebagai instrumen investasi utama? Berikut diantaranya:
http://penghasilan-anda.blogspot.com/2014/03/Kelebihan-Berinvestasi-Emas.html

Yang pertama menjadi kelebihan emas adalah emas mampu menjaga atau melindungi kekayaan atau aset kita. Mungkin anda selalu berpikiran untuk menabung, menjaga kekayaan anda dengan menyimpan uang di bank, atau mungkin anda membeli sebuah brankas untuk menyimpan uang – uang anda, kemudian mengunci rapat-rapat brankas itu lalu menyimpannya di tempat aman biar tidak bisa di curi atau di rampok. Tapi perlu anda ketahui akan tetap ada satu perampok atau pencuri yang tidak bisa anda cegah, yaitu perampok yang bernama inflasi. Saat terjadi inflasi maka daya beli uang yang anda simpan akan merosot nilainya. Sederhananya begini, katakanlah anda menyimpan uang sebesar 20 juta pada hari ini di brankas, lalu kita misalkan saja jika uang 20 juta tersebut dibelikan sapi saat ini, mungkin bisa mendapat dua ekor sapi. Dan setelah beberapa tahun kedepan mungkin uang 20 juta yang anda simpan di brankas tersebut tidak mampu membeli dua ekor sapi, mungkin hanya satu ekor sapi, atau mungkin 2 ekor sapi anakan. Jadi emas melindungi kekayaan kita, karena emas bersifat tetap atau tidak terpengaruh inflasi. Sebenarnya bukan harga emas yang naik tapi daya beli rupiah kita lah yang merosot turun akibat inflasi. Harga emas lebih dipengaruhi oleh pasokan dan permintaan global, bukan inflasi.
Emas adalah salah satu aset atau produk investasi yang mudah di cairkan atau di uangkan. Kapanpun, dan diimanapun anda, atau di negara manapun emas bisa berlaku dan mudah untuk diuangkan. Bahkan emas juga bisa jadi agunan atau jaminan hutang.
Emas juga terbilang investasi yang rendah resiko, karena selain tidak terpengaruh oleh inflasi, emas juga tidak mudah rusak bila dibandingkan dengan komoditas lain sehingga emas bisa dijadikan alat yang melindungi atau menyimpan nilai untuk masa depan.
Emas banyak dicari karena emas lambang kemewahan dan kemakmuran, serta komoditi emas di dunia yang tidak bisa bertambah, membuat harga emas cenderung stabil. Mungkin harga emas bisa naik dan juga turun, akan tetapi dalam jangka panjang harga emas cenderung stabil dan naik. Mungkin karena itulah emas menjadi sarana investasi yang menarik.
Semoga artikel beberapa kelebihan berinvestasi pada emas ini bisa bermanfaat, baca juga artikel selanjutnya beberapa kelebihan berinvestasi pada properti. Terima kasih.

Artikel Terkait

Posted by: Bonk
Ayo Tingkatkan Penghasilan, Updated at: 4:50 AM

No comments:

Post a Comment