Saturday, April 5, 2014

Strategi Pemasaran Bisnis (Marketing Plan)

Dalam sebuah bisnis, yang namanya pemasaran atau marketing selalu memegang peranan penting, karena dari hasil pemasaran atau penjualan produk inilah perusahaan akan menghasilkan profit, sehingga perusahaan atau bisnis dapat lebih berkembang dan maju. Oleh karena itu penting sekali menerapkan strategi marketing yang benar bagi sebuah bisnis, karena akan memberikan efek yang kuat pada perusahaan atau bisnis yang akan dibangun. Dengan kata lain bisnis yang kuat atau baik adalah bisnis yang menerapkan strategi pemasaran dengan baik dan benar.

Berikut ini beberapa langkah-langkah pokok dalam perencanaan pemasaran meliputi :
1. melakukan analisis situasi Analisis yang dilakukan dalam tahap ini adalah analisis SWOT (streghts, weaknesses, opportunities, dan threats). Analisis ini mencakup peluang dan masalah yang ditimbulkan oleh trend an situasi pembeli, pesaing, biaya dan regulasi. Selain itu, termasuk pula di dalammnya adalah kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan.

 2. Menetapkan tujuan/sasaran Tujuan dirumuskan secara spesifilk dan mengidentifikasi tingkat kinerja yang diharapkan untuk dicapai organisasi pada waktu tertentu di masa datang, dengan mempertimbangkan realitas masalah dan peluang lingkungan serta kekuatan dan kelemahan perusahaan.

3. Menyusun strategi dan program Berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan, pengambil keputusan kemudian merancang strategi (tindakan jangka panjang untuk mencapai tujuan) dan program (tindakan jangka pendek spesifik untuk mengimplementasikan strategi).

Apa sajakah akibat bila sebuah bisnis tidak merencanakan strategi pemasaran? Berikut ini beberapa masalah yang akan muncul akibat kurangnya perencanaan strategi pemasaran:
1.    Peluang-peluang yang hilang untuk mendapatkan laba
2.    Angka-angka yang tidak berarti dalam rencana jangka panjang
3.    Tujuan yang tidak realistis
4.    Kurangnya informasi pasar yang dapat dilakukan
5.    Perselisihan antar fungsional
6.    Frustasi manajemen
7.    Pengeluaran promosi yang sia-sia
8.    Sulitnya menentukan harga
9.    Hilangnya kendali terhadap bisnis
10.  Dalam perkembangannya bisnis akan semakin lemah

Berikut ini beberapa kelebihan atau manfaat merencanakan strategi pemasaran:
1.    Koordinasi aktifitas akan berjalan lebih baik
2.    Mengidentifikasi perkembangan yang diharapkan
3.    Meningkatkan kesiapan organisasi untuk berubah
4.    Meminimalkan respon yang tak rasional sampai respon yang tidak diharapkan
5.    Mengurangi konflik tentang kemana seharusnya bisnis atau organisasi ini bergerak
6.    Meningkatkan komunikasi
7.    Mendesak manajemen untuk berpikir kedepan secara sistematis
8.    Memperluas penyesuaian sumber daya yang tersedia untuk mendapatkan peluang pilihan

Dari beberapa masalah yang muncul akibat kurangnya perencanaan pemasaran, serta beberapa kelebihan atau manfaat merencanakan strategi pemasaran yang telah dipaparkan diatas, sudah sangat jelas bahwa fungsi perencanaan pemasaran sangat diperlukan oleh sebuah bisnis, agar bisnis atau usaha tersebut dapat bertahan dan bersaing memperebutkan hati konsumen / pelanggan. Oleh karena itu harus dipersiapkan sebuah bisnis plan atau marketing plan yang memuat unsur-unsur sebagai berikut:
1.    Tujuan pemasaran dan strategi pemasaran
2.    Strategi bauran pemasaran
3.    Deskripsi mengenai produk
4.    Strategi penetapan harga
5.    Rencana promosi
6.    Penetapan produk (penjualan dan distribusi)

Perencanaan pemasaran yang berfokus pada konsumen, dapat menghasilkan keunggulan dalam bersaing melalui:
1.    Harga yang lebih rendah bila dibandingkan dengan para pesaing untuk manfaat yang sama
2.    Kualitas dan keunikan manfaat yang dapat menutupi harga tinggi.

Artikel Terkait

Posted by: Bonk
Ayo Tingkatkan Penghasilan, Updated at: 3:37 AM

No comments:

Post a Comment