Dalam sebuah bisnis, yang namanya
pemasaran atau marketing selalu memegang peranan penting, karena dari hasil
pemasaran atau penjualan produk inilah perusahaan akan menghasilkan profit,
sehingga perusahaan atau bisnis dapat lebih berkembang dan maju. Oleh karena
itu penting sekali menerapkan strategi marketing yang benar bagi sebuah bisnis,
karena akan memberikan efek yang kuat pada perusahaan atau bisnis yang akan
dibangun. Dengan kata lain bisnis yang kuat atau baik adalah bisnis yang
menerapkan strategi pemasaran dengan baik dan benar.
Berikut ini beberapa langkah-langkah pokok
dalam perencanaan pemasaran meliputi :
1. melakukan analisis situasi Analisis yang
dilakukan dalam tahap ini adalah analisis SWOT (streghts, weaknesses,
opportunities, dan threats). Analisis ini mencakup peluang dan masalah yang
ditimbulkan oleh trend an situasi pembeli, pesaing, biaya dan regulasi. Selain
itu, termasuk pula di dalammnya adalah kekuatan dan kelemahan yang dimiliki
perusahaan.
2.
Menetapkan tujuan/sasaran Tujuan dirumuskan secara spesifilk dan
mengidentifikasi tingkat kinerja yang diharapkan untuk dicapai organisasi pada
waktu tertentu di masa datang, dengan mempertimbangkan realitas masalah dan
peluang lingkungan serta kekuatan dan kelemahan perusahaan.
3. Menyusun strategi dan program
Berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan, pengambil keputusan kemudian
merancang strategi (tindakan jangka panjang untuk mencapai tujuan) dan program
(tindakan jangka pendek spesifik untuk mengimplementasikan strategi).
Apa sajakah akibat bila sebuah
bisnis tidak merencanakan strategi pemasaran? Berikut ini beberapa masalah yang
akan muncul akibat kurangnya perencanaan strategi pemasaran:
1.
Peluang-peluang yang hilang
untuk mendapatkan laba
2.
Angka-angka yang tidak
berarti dalam rencana jangka panjang
3.
Tujuan yang tidak realistis
4.
Kurangnya informasi pasar
yang dapat dilakukan
5.
Perselisihan antar
fungsional
6.
Frustasi manajemen
7.
Pengeluaran promosi yang
sia-sia
8.
Sulitnya menentukan harga
9.
Hilangnya kendali terhadap
bisnis
10. Dalam perkembangannya bisnis akan semakin lemah
Berikut ini beberapa kelebihan atau
manfaat merencanakan strategi pemasaran:
1. Koordinasi aktifitas akan berjalan lebih baik
2. Mengidentifikasi perkembangan yang diharapkan
3. Meningkatkan kesiapan organisasi untuk berubah
4. Meminimalkan respon yang tak rasional sampai respon yang tidak
diharapkan
5. Mengurangi konflik tentang kemana seharusnya bisnis atau organisasi
ini bergerak
6. Meningkatkan komunikasi
7. Mendesak manajemen untuk berpikir kedepan secara sistematis
8. Memperluas penyesuaian sumber daya yang tersedia untuk
mendapatkan peluang pilihan
Dari beberapa masalah yang muncul
akibat kurangnya perencanaan pemasaran, serta beberapa kelebihan atau manfaat merencanakan
strategi pemasaran yang telah dipaparkan diatas, sudah sangat jelas bahwa
fungsi perencanaan pemasaran sangat diperlukan oleh sebuah bisnis, agar bisnis
atau usaha tersebut dapat bertahan dan bersaing memperebutkan hati konsumen / pelanggan.
Oleh karena itu harus dipersiapkan sebuah bisnis plan atau marketing plan yang
memuat unsur-unsur sebagai berikut:
1. Tujuan pemasaran dan strategi pemasaran
2. Strategi bauran pemasaran
3. Deskripsi mengenai produk
4. Strategi penetapan harga
5. Rencana promosi
6. Penetapan produk (penjualan dan distribusi)
Perencanaan pemasaran yang berfokus
pada konsumen, dapat menghasilkan keunggulan dalam bersaing melalui:
1. Harga yang lebih rendah bila dibandingkan dengan para pesaing
untuk manfaat yang sama
2. Kualitas dan keunikan manfaat yang dapat menutupi harga tinggi.
No comments:
Post a Comment