Saturday, April 26, 2014

Tips Sukses Ternak Kambing

Kambing merupakan salah satu jenis hewan yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat baik dalam skala kecil atau besar. Pemeliharaan ternak kambing pun terbilang sangat mudah karena tidak membutuhkan keterampilan yang khusus, sehingga peternak baru pun mampu secara cepat belajar manajemen pemeliharaan. Untuk anda yang ingin beusaha budidaya ternak kambing, berikut ini ada beberapa cara atau kiat-kiat sukses beternak kambing:

1. Carilah ilmu sebanyak-banyaknya tentang ternak kambing
Carilah ilmu dalam beternak kambing, ilmu bisa di dapat dari mana saja. Anda bisa belajar dari seseorang yang sudah mengecap pahit dan manisnya dalam ternak kambing, anda tidak harus belajar dari seorang guru, anda juga bisa mencari buku yang mengulas ilmu ternak kambing atau anda browsing di internet untuk mencari tips-tipsnya, seperti artikel yang anda baca sekarang ini.

2. Pola pemberian pakan
Pakan berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup pokok, seperti produksi (tumbuh besar, gemuk, dan susu) dan untuk bereproduksi (kawin, bunting, beranak, dan menyusui). Pemberian pakan harus sesuai dengan kebutuhannya dan jumlahnya, di sesuaikan dengan status fisiologis ternaknya. Sebagai patokan umum yaitu 10% bahan kering dari bobot badan. Contoh : bila bobot kambing 25 kg maka pemberian makan yang diberikan sekitar 2,5 kg kering atau 5 kg basah. Pakan sebaiknya diberikan 2 kali sehari (pagi dan sore), dan diberikan juga air minum dan garam beryodium secukupnya. Kebanyakan peternak masih menggunakan cara beternak yang tradisional, dimana kambing hanya diberi makan rumput. Namun kini peternak kambing modern biasanya menggunakan konsentrat sebagai pakan ternak kambingnya, sehingga para peternak kini tidak tergantung lagi dengan hijau-hijauan.

Pakan untuk kambing dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu sumber energi, sumber protein, dan sumber mineral. Sumber energi antara lain jagung, sorgum, dedak padi, dedak gandum, dedak jagung, ketela rambat, singkong, onggok, rumput-rumputan dan jerami padi. Bahan pakan yang merupakan sumber protein antara lain jenis leguminosa glirisidia, turi, lamtoro, centrocema, dan sisa pertanian seperti : daun kacang, daun singkong, bungkil kedelai, biji kapas, ampas tahu, ampas kecap dan lain-lain. Sebagai sumber mineral misalnya air minum yang harus selalu tersedia di dalam kandang.

3. Buatlah kandang yang baik
Kandang yang baik adalah kandang yang terbuat dari bahan yang kuat, kandang yang segar dengan ventilasi yang baik, cahaya matahari yang cukup, dan bersih. Sebaiknya dibuat kandang dalam bentuk panggung dengan sekat yang dapat dibongkar pasang dan lantai dari bambu atau papan. Di belakang kandang dibuat penampungan kotoran dan sisa pakan. Sebagai patokan ukuran luas kandang adalah :  untuk jantan dewasa dibutuhkan 1,5 m2, untuk betina dewasa 1 m2,  untuk betina menyusui 1,5 m2, anak dan kambing muda 0,75 m2. Usahakan ada lampu penerang yang dipasang di dalam kandang. Selain itu, di dalam kandang juga perlu disediakan tempat pakan dan minum.

Model kandang panggung memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah kandang menjadi bersih karena kotoran jatuh ke bawah, kebersihan ternak lebih terjamin, lantai kandang selalu kering, dan pertumbuhan kuman dan parasit jamur dapat ditekan. Namun demikian, beberapa kelemahan dari kandang panggung antara lain biaya relatif mahal, resiko ternak terperosok atau jatuh, dan kandang memikul ternak lebih berat.

4. Analisa usaha (untung/rugi)
Dalam usaha ternak kambing, usahakan untuk membuat suatu analisa usaha untuk menghindari kerugian. Jika rugi yang diperoleh, maka segera analisa apa yang membuat rugi agar tidak terulang lagi. Juga analisa hal apa saja yang menjadikan anda lebih untung. Untuk menganalisa ada baiknya anda perhatikan hal-hal berikut:
  • Mengkalkulasi jumlah biaya yang dikeluarkan, semisal untuk pembelian pakan, pembuatan kandang, obat-obatan, dan sebagainya 
  • Pertimbangan pemasaran hasil produksi.
  • Jumlah ternak yang hendak dipelihara.
  • Bobot tubuh ternak yang hendak dijual, misalkan minimal 25 kg atau dengan membuat target tertentu.

Artikel Terkait

Posted by: Bonk
Ayo Tingkatkan Penghasilan, Updated at: 1:19 AM

No comments:

Post a Comment