Masalah seorang karyawan biasanya seputar gaji yang selalu
habis di awal bulan. Masalah keuangan yang terjadi ini biasanya diakibatkan
oleh beberapa hal, seperti salah dalam mengatur keuangan atau penghasilannya
yang memang benar-benar sangat minim, atau juga memang kebutuhannya yang sangat
banyak sehingga menghabiskan banyak uang.
Agar anda bisa terhindar dari masalah ini, ada baiknya anda
menyimak beberapa tips atau cara mengelola keuangan bagi seorang karyawan
berikut ini:
- Buat anggaran bulanan
2.
Jangan langgar anggaran yang telah anda
tetapkan
Anda harus menekan pengeluaran setiap angggaran yang telah anda
tetapkan agar tidak lebih besar pasak dari pada tiang. Misalnya saja anda
menetapkan anggaran belanja anda tiap bulan sebesar satu juta, yach anda harus
bisa memanfaatkan anggaran tersebut, jangan sampai pengeluaran belanja anda
lebih besar dari anggaran belanja anda. Jadi anda harus disiplin, ingatlah
bahwa tujuan membuat anggaran adalah supaya pengeluaran terarah dan sesuai
dengan rencana finansial yang telah anda tetapkan.
3.
Tambah penghasilan anda
Sebenarnya inilah solusi terbaik untuk mengatasi masalah keuangan. Untuk
menambah penghasilan, anda bisa mencari pekerjaan sampingan, menjalankan bisnis
sampingan, atau berinvestasi yang bisa menghasilkan passive income untuk anda.
Dari pada anda capek-capek menghabiskan tenaga anda untuk berhemat, akan lebih
baik bila anda menggunakan tenaga anda untuk menambah penghasilan anda.
Semoga artikel tentang beberapa tips atau cara efektif
mengelola keuangan bagi karyawan ini bisa bermanfaat. Baca juga artikel yang
lain, apakah seorang istri juga harus bekerja?(perencanaan keuangan).
No comments:
Post a Comment