Friday, April 11, 2014

Cara Efektif Mengatur atau Mengelola Keuangan Bagi Karyawan

Masalah seorang karyawan biasanya seputar gaji yang selalu habis di awal bulan. Masalah keuangan yang terjadi ini biasanya diakibatkan oleh beberapa hal, seperti salah dalam mengatur keuangan atau penghasilannya yang memang benar-benar sangat minim, atau juga memang kebutuhannya yang sangat banyak sehingga menghabiskan banyak uang.

Agar anda bisa terhindar dari masalah ini, ada baiknya anda menyimak beberapa tips atau cara mengelola keuangan bagi seorang karyawan berikut ini:
  1.  Buat anggaran bulanan
Anda harus bisa membuat anggaran pengeluaran bulanan, hal ini bertujuan agar anda lebih bisa mengontrol pengeluaran anda. Meski gaji pas-pasan tetapi jika Anda bisa mengatur anggaran keuangan, dijamin Anda tidak akan mengeluh kehabisan gaji di tengah bulan. Pastikan bahwa Anda  menyisihkan gaji Anda untuk biaya tak terduga seperti biaya jalan-jalan dan kesehatan. Untuk memudahkannya buatlah menjadi beberapa pos, seperti pos pengeluaran untuk makan dan minum, pos untuk bayar tagihan listrik, pos untuk transportasi, pos pengeluaran untuk investasi dan tabungan, pos pengeluaran untuk cicilan hutang, pos pengeluaran untuk gaya hidup dan lain sebagainya. Yang terpenting prioritaskanlah kebutuhan utama anda, jangan menghabiskan anggaran pada kebutuhan-kebutuhan yang tidak penting.
2.    Jangan langgar anggaran yang telah anda tetapkan
Anda harus menekan pengeluaran setiap angggaran yang telah anda tetapkan agar tidak lebih besar pasak dari pada tiang. Misalnya saja anda menetapkan anggaran belanja anda tiap bulan sebesar satu juta, yach anda harus bisa memanfaatkan anggaran tersebut, jangan sampai pengeluaran belanja anda lebih besar dari anggaran belanja anda. Jadi anda harus disiplin, ingatlah bahwa tujuan membuat anggaran adalah supaya pengeluaran terarah dan sesuai dengan rencana finansial yang telah anda tetapkan.
3.    Tambah penghasilan anda
Sebenarnya inilah solusi terbaik untuk mengatasi masalah keuangan. Untuk menambah penghasilan, anda bisa mencari pekerjaan sampingan, menjalankan bisnis sampingan, atau berinvestasi yang bisa menghasilkan passive income untuk anda. Dari pada anda capek-capek menghabiskan tenaga anda untuk berhemat, akan lebih baik bila anda menggunakan tenaga anda untuk menambah penghasilan anda.

Semoga artikel tentang beberapa tips atau cara efektif mengelola keuangan bagi karyawan ini bisa bermanfaat. Baca juga artikel yang lain, apakah seorang istri juga harus bekerja?(perencanaan keuangan).

Artikel Terkait

Posted by: Bonk
Ayo Tingkatkan Penghasilan, Updated at: 4:20 AM

No comments:

Post a Comment