Monday, April 7, 2014

Tips Sukses Berbisnis Kue Kering (Peluang Usaha)

Berbisnis kue kering mungkin adalah sebuah peluang usaha yang sangat cocok untuk ibu rumah tangga. Selain membutuhkan modal yang bisa dibilang kecil untuk memulainya, bisnis kue kering juga sangat menguntungkan pada momen-momen tertentu, seperti pada momen hari raya, atau pada momen dimana banyak sekali pesta perkawinan dan lain sebagainya.

Bisnis kue kering bisa dibilang bisnis dengan modal kecil karena modal untuk memulai bisnis ini bisa disesuaikan dengan kantong anda. Jika anda ingin berbisnis kue kering ini dengan modal kecil, anda bisa memulainya dari rumah anda, dengan begitu, selain anda meminimalisir modal, anda juga tetap dekat keluarga.
Berikut ini ada beberapa tips untuk anda yang ingin berbisnis kue kering:

1. Tentukan target pasar bisnis anda
Pertama, anda harus menentukan target bisnis anda, jangan katakan ini bisnis untuk semua target atau semua kalangan, akan lebih baik jika anda tentukan, seperti: saya menargetkan pasar kue kering ini untuk acara pernikahan, atau untuk oleh-oleh, untuk anak-anak atau dewasa, kalangan menengah ke atas atau menengah kebawah, dan lain sebagainya. Dengan begitu anda bisa berpikir untuk membuat kue kering jenis apa atau kue kering yang bagaimana, yang cocok dengan target pasar yang telah anda tentukan.

2. Buat inovasi pada kue kering anda
Untuk menarik pelanggan atau konsumen, andalkanlah kreatifitas anda untuk membuat inovasi-inovasi baru, seperti membuat kue dengan cita rasa baru yang belum pernah ada di pasaran atau membuat kue dengan bentuk-bentuk yang unik, dan lain sebagainya. Dengan begitu usaha anda akan menarik banyak pelanggan baru yang penasaran dengan kue kering buatan anda.

3. Buat kemasan yang menarik
Untuk menarik pelanggan, selain berinovasi pada kue anda juga harus berinovasi pada kemasan. gunakanlah kemasan semenarik mungkin untuk kue kering anda. ingatlah, bahwa terkadang juga ada orang yang membeli dari kemasannya bukan dari kuenya.

4. Buat branding / merk dagang bisnis anda
Buatlah branding supaya produk kue kering anda bisa terpatri dalam ingatan konsumen. jika branding anda sudah terkenal tentu itu akan sangat menguntungkan buat bisnis anda. kebanyakan orang membeli barang selalu menyebut nama branding, bukannya nama atau jenis produk tersebut. Contohnya: jika orang membeli minuman air mineral dalam kemasan maka orang-orang biasa mengatakan membeli aQua, atau orang yang ingin membeli mie instant maka orang-orang biasa mengatakan indomie. Itulah beberapa contoh produk dengan branding yang sudah terkenal.

5. Tentukan harga produk/ kue kering anda
Anda harus menentukan harga kue kering anda sesuai dengan target segmentasi pasar yang telah anda tetapkan. Anda bisa membuat kue kering dengan berbagai kemasan untuk bisa menyesuaikan target pasar serta harga produk kue kering anda tersebut.

6. Buat strategi pemasaran yang efektif
Anda harus membuat strategi pemasaran yang efektif untuk mempercepat perkembangan bisnis anda. Manfaatkan momen dan teknologi untuk membuat pemasaran bisnis anda efektif.

Semoga tips sukses berbisnis kue kering ini bisa bermanfaat untuk anda. baca juga artikel lainnya seperti “beberapa ide bisnis rumahan” , dan sukses untuk usaha anda.

Artikel Terkait

Posted by: Bonk
Ayo Tingkatkan Penghasilan, Updated at: 5:38 AM

No comments:

Post a Comment