Friday, April 11, 2014

Cara Efektif Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal (Peluang Usaha)

Budidaya ikan lele merupakan salah satu ide bisnis atau peluang usaha yang cukup menjanjikan, mengingat permintaan pasar akan ikan lele yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Apalagi saat ini ada metode budidaya ikan lele yang bisa dilakukan di kolam terpal, sehingga para pelaku usaha tidak perlu menggali tanah untuk menjalankan budidaya lele ini.

Budidaya ikan lele memang biasanya dilakukan di kolam galian konvensional. Namun mempunyai kendala yang sering dihadapi yaitu, dimana bila terjadi banjir. Oleh karena itu pada artikel kali ini kita akan membahas budidaya ikan lele di kolam terpal.
http://penghasilan-anda.blogspot.com/2014/04/cara-efektif-budidaya-lele.html

Menggunakan kolam terpal sebagai tempat budidaya ikan lele memiliki beberapa keunggulan, seperti:
  • Praktis dan mudah
  • Investasi kecil
  • Tidak mudah terkena banjir
  • Dapat dijalankan di medan yang tidak memungkinkan (seperti: tanah keropos, tanah berpasir, luas tanah sempit dan lain-lain)
  • Menghindari kontaminasi dengan tanah yang tidak diketahui kualitasnya
  • Kontrol terhadap kualitas dan kuantitas air lebih mudah
  • Mudah melakukan pengeringan dan pembersihan
  • Mudah dalam memanen
  • Mudah untuk dipindahkan
Berikut ini beberapa cara budidaya ikan lele di kolam terpal:

http://penghasilan-anda.blogspot.com/2014/04/cara-efektif-budidaya-lele.html

1. Persiapkan kolam terpal

Hal yang paling utama dilakukan ketika hendak menjalankan bisnis budidaya ikan lele adalah mempersiapkan tempat budidaya. Karena judul artikel ini adalah budidaya ikan lele di kolam terpal, jadi buatlah kolam terpal dengan ukuran yang sesuai dengan keinginan anda atau sesuaikan dengan luas tempat.

2. Pemupukan kolam
Untuk menciptakan kondisi air yang ideal bagi tempat hidup lele, maka harus dilakukan pemupukan terlebih dahulu agar kolam mempunyai kadar PH air yang sesuai dengan kebutuhan lele. Pemupukan dapat dilakukan dengan memberikan pupuk kandang atau pupuk kotoran ternak seperti kambing dan sapi. Pemberian pupuk ini jangan terlalu banyak, lebih baik secukupnya saja, lalu biarkan selama beberapa hari paling tidak 3 hari agar mikroorganisme air (plankton) dapat tumbuh dan berkembang. Pemberian pupuk ini selain dapat menyesuaikan PH air, juga dapat memberi makan benih ikan lele dengan makanan yang berupa plankton.

3. Pemeliharaan ikan lele
Untuk ukuran lele yang berkisar 5-7 cm, usahakan agar air kolam tidak terlalu dalam, sebaiknya diisi air sedalam 40 cm saja dulu, hal ini bertujuan agar lele tidak terlalu capek naik turun dasar kolam untuk mengambil oksigen. Seiring bertambahnya usia dan ukuran, kedalaman air kolam bisa ditambah. Perlu disediakan pula rumpon atau semacam perlindungan untuk lele. Karena lele merupakan ikan yang senang berlindung di daerah yang tertutup.

Pemberian pakan (pelet) harus diberikan secara teratur  dua kali sehari, namun akan lebih baik bila dilakukan lebih dari dua kali sehari dengan porsi pemberian makan yang lebih sedikit. Jika di lingkungan tersedia pakan alami seperti bekicot, katak, kerang, keong mas, rayap, dan lain-lain, bisa diberikan makanan alami tersebut. Makanan yang alami selain bisa menghemat biaya pemberian pakan, juga memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga pertumbuhan lele bisa lebih cepat.

Meski lele termasuk ikan yang tahan terhadap kondisi air yang buruk, namun ada baiknya perlu diganti air sekitar 10-30% setiap minggunya, hal ini bertujuan agar kolam tidak terlalu kotor dan berbau. Selain itu air yang sangat kotor dapat menimbulkan penyakit dan menghambat perkembangan ikan lele.
Biasanya lele akan mengalami pertumbuhan yang tidak sama, oleh karena itu pada usia satu bulan perlu dilakukan seleksi dan pemisahan lele yang memiliki ukuran berbeda, agar lele yang berukuran kecil tidak kalah bersaing dalam berebut makanan. Selain itu pisahkan juga bila ada ikan yang terindikasi terserang penyakit agar tidak menular ke ikan lainnya.

Semoga peluang usaha dan cara efektif budidaya ikan lele di kolam terpal ini bisa bermanfaat. Baca juga artikel yang lain peluang usaha jualan alat tulis kantor

Artikel Terkait

Posted by: Bonk
Ayo Tingkatkan Penghasilan, Updated at: 10:09 PM

No comments:

Post a Comment