Sunday, April 6, 2014

Tips Sukses Bisnis Sembako (Peluang Usaha)

Berjualan sembako adalah salah satu bisnis atau usaha yang sangat menjanjikan, mengingat sembako adalah kebutuhan pokok setiap orang yang selalu diutamakan. Bahkan saat masa krisis pun sembako akan tetap dicari atau dibutuhkan oleh masyarakat, karena memang sembako adalah kebutuhan yang teramat penting dan harus diutamakan bagi setiap rumah tangga. jadi bisa dikatakan bisnis sembako adalah bisnis yang tidak ada matinya karena akan terus dicari oleh pelanggan/ konsumen.

Jika anda adalah salah satu orang yang ingin berbisnis sembako, berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa berguna untuk anda:

1.    Persiapkan tempat untuk toko jualan sembako
Usaha jualan sembako bisa dilakukan dimana saja, bahkan anda bisa memulai usaha sembako ini dari rumah anda sendiri. Jadi yang anda perlukan hanyalah tempat yang layak dan menarik yang bisa dibuat toko untuk jualan sembako. Jika anda tidak punya modal besar, jangan pernah memaksa untuk mencari atau menyewa tempat untuk membuka toko sembako di pusat keramaian. Yang lebih penting dari jualan sembako adalah jalinan silaturahmi dan komunikasi. Walaupun di kampung dengan menggunakan rumah sendiri, asalkan dalam jarak yang jauh tidak ada warung sembako, maka dipastikan warung anda akan ramai pembeli. Dengan tidak menyewa toko atau kios khusus, itu berarti anda telah meminimalisir biaya atau menghilangkan modal sewa tempat untuk jualan sembako.

2.    Usahakan agar dagangan sembako anda selengkap mungkin
Kelengkapan barang dagangan sangatlah penting untuk menghindari pembeli yang kecewa karena tidak menemukan barang yang sedang dibutuhkannya. Bila pembeli ragu, toko anda dapat menyediakan barang yang sedang dibutuhkan, maka ia akan lebih memilih untuk mencari atau membeli pada toko sembako lain yang sudah pasti ada, dari pada datang ketempat anda yang belum tentu menyediakan barang tersebut. Jadi lengkapilah barang dagangan anda, walaupun dengan jumlah yang masih sedikit, jangan menyetok barang terlalu banyak sedangkan barang lain habis, usahakan untuk selengkap mungkin.

3.    Buat harga yang kompetitif
Untuk memberikan harga yang kompetitif anda bisa melakukan pendekatan melalui dua cara, yaitu: memberikan harga yang lebih murah bida dibandingkan dengan para pesaing atau memberikan kualitas barang dagangan anda yang dapat menutupi harga tinggi. Untuk menerapkan tips ini tentu anda harus selalu update harga pasar, mengingat harga sembako akan selalu naik turun.

4.    Cari tempat belanja (kulakan) sembako yang murah dan berkualitas
Untuk mendukung tips no. 3, Pilihlah untuk berbelanja atau kulakan di tempat pusat grosir yang menawarkan kualitas barang dengan harga yang cukup miring, dengan begitu usaha anda akan bisa bersaing dengan kompetitor usaha anda atau para pebisnis sembako lainnya.

5.    Selalu berikan pelayanan yang baik dan berbeda
Usaha sembako memiliki tingkat persaingan yang tinggi, oleh karena itu pelayanan yang baik saja tidak cukup, anda juga harus memberikan pelayanan yang berbeda dari yang lain. misalnya memberikan bonus atau hadiah pada hari raya, memberikan jasa pengiriman pesanan gratis dan lain sebagainya. Dengan begitu usaha anda akan mendapatkan banyak pelanggan/ konsumen yang selalu loyal kepada anda.

Semoga tips-tips sukses usaha sembako ini bisa bermanfaat, baca juga artikel lainnya, seperti macam – macam ide bisnis rumahan

Artikel Terkait

Posted by: Bonk
Ayo Tingkatkan Penghasilan, Updated at: 6:59 AM

No comments:

Post a Comment